Pondok Halimun - Kabupaten Sukabumi

Pondok Halimun menawarkan pada Anda keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk. Di sepanjang jalan menuju ke lokasi, Anda juga dapat melihat perkebunan teh yang hijau. Lakukan berbagai kegiatan rekreasi di tempat ini untuk memaksimalkan kunjungan Anda.

 Pondok Halimun atau yang biasa disebut PH adalah salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Sukabumi. Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 1000 m dpl. Jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi melalui Jalan Suryakencana hingga Jalan Selabintana. Lalu nanti kita akan melihat plang bertuliskan “Pondok Halimun” untuk belok ke kiri. Untuk menuju ke objek wisata ini kita dapat menaiki angkutan kota (angkot) yang berwarna merah dengan nomor trayek 10. Bila tidak menggunakan angkutan umum kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil pribadi, bahkan bus pariwisata sekalipun. Dari belokan tadi perjalanan masih akan berlanjut sekitar 4 km lagi. Jalan yang dilalui terbilang sempit karena hanya untuk 2 jalur saja. Selain itu kita harus berhati-hati karena jalan masih kurang bagus dan terdapat banyak jalan berlubang.
Pemandangan kebun teh Goalpara

Sesampainya di pintu masuk atau pintu pembayaran, kita diharuskan untuk membayar biaya masuk sebesar Rp3.000 untuk pejalan kaki, Rp8.000 untuk sepeda motor, Rp18.000 untuk mobil pribadi, dan Rp135.000 untuk bus. Memang terbilang cukup mahal, tapi setelah melewati pintu tersebut dengan tetap melajukan kendaraan, rasa kecewa kita bisa terobati dengan melihat pemandangan perkebunan teh milik PT.Perkebunan Nusantara VIII Kebun Goalpara Afdeling Perbawati. Ditambah lagi suhu pegunungan yang sejuk dapat me-refresh-kan pikiran kita. Kita pun dapat menghentikan kendaraan sejenak untuk melihat pemandangan Kota Sukabumi yang memang jelas terlihat dari sana.