Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan sebuah gunung yang apabila dilihat dari kejauhan berbentuk seperti sebuah kerucut raksasa. Gunung yang berjenis hutan Dipterokarp bukit, hutan Dipterokarp atas, hutan Montane dan hutan Ericaceous ini memiliki ketinggian sekitar 2818 meter diatas permukaan laut mdpl dan merupakan gunung tertinggi ke empat Jawa Barat setelah Ciremai 3078 mdpl, Pangrango 3019 mdpl dan Gede 2958 mdpl.

Salah satu wisata alam yang digemari oleh para pencinta alam yaitu mendaki Gunung Cikuray yang terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah. Tetapi medan perjalanan yang harus dilalui tidaklah mudah, karena harus melewati jalan yang terjal dan penuh bebatuan. Perjalanan mendaki puncak Gunung Cikuray biasanya dimulai pada dini hari, dengan estimasi waktu tempuh dari kaki bukit sampai di puncak Gunung Cikuray kurang lebih selama 3 jam.


Untuk mencapai Gunung Cikuray anda harus melewati jalan perbatasan Kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung. Pada tiap perbatasan inilah terdapat masing-masing jalur pendakian untuk menuju puncaknya namun biasanya jalur yang lebih sering digunakan adalah melalui jalur Dayeuh Manggung.